Home / Artikel / Tachometer Dan Penggunaan Serta Macam Macamnya

Tachometer Dan Penggunaan Serta Macam Macamnya

tachometerTachometer adalah suatu alat uji yang dibuat dan didesain untuk mengukur kecepatan putaran pada sebuah objek, seperti halnya dengan alat yang mengukur putaran mesin per menit (RPM) pada kendaraan bermotor. Kata “tachometer” berasal dari kata Yunani tachos yang berarti “kecepatan” dan metron yang berarti “untuk mengukur”.

Alat pengukur putaran mesin yang biasa disebut dengan tachometer rpm ini sebelumnya dibuat dengan dial, jarum yang menunjukkan pembacaan saat ini dan tanda-tanda yang menunjukkan tingkat yang aman dan berbahaya. Pada saat ini seiring dengan perkembangan teknologi, dikembangkan tachometer digital yang memberikan pembacaan numerik tepat dan akurat yang hasilnya ditampilkan pada layar LCD berupa angka.

Penggunaan Tachometer :

  • Pada Mobil : Alat ini digunakan untuk mengukur kecepatan putaran perangkat mekanik atau mesin, yang biasanya ditunjukkan dalam satuan RPM. Alat ini digunakan untuk memantau RPM dalam mobil karena jika mesin dipacu dengan nilai RPM yang terlalu tinggi maka dapat mengurangi umur pemakaian mesin secara drastis menjadi lebih pendek.
  • Penggunaan dalam Pesawat :Pesawat biasanya ditempatkan satu tachometer pada tiap tiap mesin. Pada pesawat yang masih menggunakan menggunakan baling-baling seperti Helicopter, tachometer juga diperlukan pada tiap baling-baling. Putaran mesin pesawat biasanya memiliki nilai RPM yang lebih tinggi dari pada nilai RPM pada baling-balingnya. Dengan menggunakan rpm meter secara terpisah pada tiap tiap bagian yang berbeda, maka pilot pesawat atau awak pesawat dapat mengetahui apakah ada masalah dengan bagian tertentu pada pesawatnya.
  • Penggunaan dalam Medis: Baru baru ini rpm meter juga dikembangkan dalam dunia medis / kedokteran. Dengan menempatkan turbin kecil, seperti pada alat yang disebut haematachometer dalam arteri atau vena, maka seorang dokter dapat memanfaatkan prinsip kerja pengukur kecepatan ini untuk menyimpulkan laju aliran darah dengan cara melihat kecepatan putaran turbin. Dari situ seorang dokter dapat mendiagnosa masalah peredaran darah seperti penyumbatan arteri dll.

Macam Macam Tachometer :

  • Touch Tachometer / Tachometer Tempel : Pada jenis ini mengharuskan sensor pada alat ini menyentuh dengan benda benda yang diukur. Dalam pengaplikasianya tachometer jenis ini jarang digunakan pada bidang bidang tertentu dengan alasan teknis atau keselamatan.
  • Tachometer Laser / Photo Tachometer : Pada jenis ini memungkinkan untuk melakukan pengukuran dari jarak jauh. Laser Tachometer bekerja dengan sensor cahaya yang sangat sensitif terhadap elemen berputar. Unsur berputar akan memiliki satu tempat reflektif, dan rpm meter ini mengukur tingkat di mana berkas cahaya dipantulkan kembali.

Produk Produk Tachometer :

Earlier
Tachometer Laser Pengukur Putaran DT-6236B ini adalah tachometer digital bertenaga baterai dengan oprical portable yang beroperasi sampai 500mm dari target [...]
Sel, Apr 22, 2014
tachometer
Laser & Touch Tachometer DT-2236B adalah alat penguji putaran 2 in one yang banyak digunakan dalam pengukuran kecepanan rotasi benda [...]
Kam, Feb 20, 2014
tachometer
Photo Type Tachometer SM2234A adalah sebuah tachometer digital yang sudah menggunakan sensor cahaya dalam mengukur jumlah putaran per menit pada [...]
Rab, Agu 21, 2013
tachometer
Permintaan penawaran