mutu pelayanan
Home / Artikel / Kekerasan Air / Kesadahan Air

Kekerasan Air / Kesadahan Air

Apa itu Kekerasan Air / Kesadahan Air?Kesadahan Air

Kesadahan air / kekerasan air adalah kandungan mineral-mineral tertentu yang terdapat di dalam air, biasanya berupa ion kalsium (Ca) dan magnesium (Mg) dalam bentuk garam karbonat. Air sadah atau air keras adalah air yang memiliki kadar mineral yang tinggi, sedangkan air lunak adalah air dengan kadar mineral yang rendah. Selain ion kalsium dan magnesium, penyebab kesadahan juga bisa merupakan ion logam lain maupun garam-garam bikarbonat dan sulfat. Metode paling sederhana untuk menentukan kesadahan air adalah dengan sabun. Dalam air lunak, sabun akan menghasilkan busa yang banyak. Pada air sadah, sabun tidak akan menghasilkan busa atau menghasilkan sedikit sekali busa. Untuk mengukur kesadahan air bisa juga menggunakan Alat Pengukur Kesadahan Air yang praktis dan portabel dengan tampilan nilai kesadahan air dalam bentuk angka pada layar LCD. Kesadahan air total dinyatakan dalam satuan ppm berat per volume (w/v) dari CaCO3.

Apakah air sadah benar-benar menciptakan masalah bagi kehidupan sehaari hari ?

Air keras dapat memimbulkan dampak yang sangat besar untuk rumah Anda terutama karena ia meninggalkan residu yang disebut skala air keras pada semua permukaan yang bisa dicuci . Dalam jangka panjang , skala air keras dapat menyumbat pipa Anda yang pada akhirnya mengurangi tekanan air . Merusak Pemanas air / water heater , mesin pencuci piring , mesin cuci , pembuat kopi dan hampir semua peralatan yang dilewati air. Skala ini meninggalkan bintik-bintik atau garis-garis pada piring dan gelas , dan membuat kusam tampilan pakaian , lantai , wastafel, bak , dan bahkan rambut. Korosi sering terjadi karena air sangat asam yang secara bertahap menggerogoti pipa , peralatan , pemanas , boiler dan unit AC .

TDS yang tinggi dapat menunjukkan air yang keras / sadah, yang menyebabkan skala penumpukan dalam pipa dan katup , menghambat kinerja . Karena TDS berkaitan dengan kesadahan air , menggunakan TDS Meter bisa menjadi langkah pertama Anda dalam menentukan tingkat kesadahan air . Secara umum , semakin tinggi tingkat TDS ( ppm ) , maka semakin tinggi tingkat kekerasan / kesadahan air.

Kesadahan air biasanya dinyatakan dalam satuan butir per galon , miligram per liter ( mg / l ) atau bagian per juta ( ppm ) . Salah satu butir dari kekerasan sama dengan sekitar 17,1 ppm ( mg / L ) pada TDS Meter.

Perlu diperhatikan bahwa karena TDS meliputi padatan keras dan padatan lunak , 17 ppm belum tentu sama dengan 1 butir kekerasan .

Bagaimana kesadahan air ditangani, Cara menurunkan kekerasan air ?Kekerasan air

Jika Anda memiliki masalah air sadah, solusi Anda bisa melalui sistem penyaringan air seperti Reverse Osmosis ( RO ) ( yang akan menghilangkan sebagian mineral ) , Distilasi ( yang akan menghapus semua mineral ) atau Softener Air. Untuk seluruh rumah , reverse osmosis atau jenis lain dari filtrasi biasanya pilihan yang lebih mahal daripada pelunak air / water softener.

Apakah pelunak air dapat menghilangkan TDS ?

Pelunak air tidak menghilangkan TDS . Sebaliknya , pelunak air bekerja melalui proses pertukaran ion . Seperti aliran air melalui pelembut air, ia akan melewati resin , matriks kimia ( disebut Zeolit ​​) yang akan menukar ion kalsium dan magnesium dengan ion natrium ( garam ) . Oleh karena itu , tingkat TDS akan tetap hampir konstan ( mungkin ada perbedaan kecil ) .

Pelunak air dirancang untuk ” melunakkan ” air sehingga mencuci lebih cerah , bilasan bersih dan merasa jauh lebih baik .

Air sadahKarena pelembut air tidak menurunkan tingkat TDS air Anda , filter tambahan mungkin diperlukan untuk air minum Anda . Kebutuhan sistem filtrasi tambahan sepenuhnya tergantung pada sumber air Anda . Selalu menguji air Anda untuk menentukan kebutuhan Anda sebelum berinvestasi untuk membeli alat penyaringan atau sistem pemurnian .

Untuk keperluan pengujian air, Anda dapat menggunakan Alat Alat Berikut :

Hubungi Kami
PERMINTAAN PENAWARAN ISI FORM DIBAWAH