Kamis , 18 Juli 2024

Pour Point Tester Otomatis MPC-6

Pour Point Tester Otomatis  & Cloud Point Tester MPC-6

Pour point tester adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengukur titik cair (pour point) suatu cairan, yaitu suhu terendah dimana cairan tersebut dapat mengalir. Sifat ini penting untuk berbagai macam aplikasi industri dan komersial, karena kelarutan suatu cairan dapat terpengaruh oleh perubahan suhu. Misalnya, titik cair suatu pelumas dapat mempengaruhi performa-nya pada kondisi dingin, dan titik cair suatu bahan bakar dapat menentukan cocok tidaknya untuk digunakan di daerah dengan iklim yang berbeda.

Terdapat beberapa metode untuk menguji titik cair suatu cairan, termasuk uji manual menggunakan cangkir cair dan uji otomatis menggunakan peralatan khusus. Metode manual melibatkan pengisian cangkir cair dengan cairan tersebut dan meletakkannya di dalam bath pendingin. Suhu kemudian diturunkan secara bertahap sampai cairan tersebut berhenti mengalir, di mana saat itulah suhu tercatat sebagai titik cair.

Pour point tester otomatis menggunakan prinsip yang sama, namun prosesnya diotomatisasi dan bisa lebih tepat dan efisien. Tester ini biasanya terdiri dari sebuah ruangan dengan suhu terkontrol, sel sampel, dan mekanisme pengaduk. Sampel cairan ditempatkan di dalam sel dan suhu kemudian diturunkan secara bertahap sampai cairan tersebut berhenti mengalir. Titik cair kemudian secara otomatis tercatat dan ditampilkan pada layar digital.

pour-point-tester-mpc6

Pour point tester digunakan di berbagai industri, termasuk pertambangan minyak, kimia, dan otomotif. Mereka merupakan alat yang penting untuk memastikan kualitas dan performa produk yang sensitif terhadap perubahan suhu.

Pour point tester digunakan untuk mengukur titik cair (pour point) suatu cairan, yaitu suhu terendah dimana cairan tersebut dapat mengalir. Sifat ini penting dalam berbagai aplikasi, karena kelarutan suatu cairan dapat terpengaruh oleh perubahan suhu. Beberapa kegunaan utama pour point tester adalah:

Kontrol kualitas : Pour point tester digunakan untuk memastikan bahwa produk memenuhi spesifikasi yang diperlukan untuk titik cair. Ini terutama penting untuk produk yang sensitif terhadap perubahan suhu, seperti bahan bakar, pelumas, dan produk kimia lainnya.

Pengembangan produk : Pour point tester digunakan untuk membantu tim R&D memaksimalkan performa produk dengan mengubah formulasi atau kondisi proses untuk mencapai titik cair yang diinginkan.

Optimisasi proses : Pour point tester dapat digunakan untuk mengoptimalkan proses produksi dengan mengidentifikasi rentang suhu optimal untuk kelarutan cairan. Ini dapat membantu mengurangi sampah dan meningkatkan efisiensi.

Keamanan : Pour point tester dapat digunakan untuk memastikan bahwa produk aman untuk digunakan pada berbagai kondisi suhu. Misalnya, pelumas dengan titik cair yang rendah lebih cocok untuk digunakan pada kondisi dingin.

Dampak lingkungan : Pour point tester dapat digunakan untuk menilai dampak lingkungan produk dengan mengevaluasi performanya pada berbagai kondisi suhu. Misalnya, bahan bakar dengan titik cair yang rendah mungkin lebih cocok untuk digunakan di daerah dingin, di mana kemungkinan terjadinya kerusakan lingkungan akibat tumpahan atau kebocoran lebih rendah.

Keunggulan Pour Point Tester Otomatis MPC-6

Simple : Desain ergonomis untuk operasi intuitif
Kuat : Desain premium dan finishing berkualitas tinggi untuk penggunaan yang andal selama bertahun-tahun
Serbaguna : Manajemen pengguna dengan password, penyimpanan data (maks 50 hasil) dan konektivitas (Ethernet)

Tester Titik Cair / Awan Otomatis Tanaka baru, mpc-6, dirancang dengan konsep “Sederhana, Kuat, dan Serbaguna”. Mpc-6 hanya membutuhkan sampel sebesar 4,5 mL dan memberikan penentuan otomatis Titik Cair / Awan dengan tingkat akurasi tinggi.

Operasi Layar Sentuh 7 Inci yang Intuitif
Kesederhanaan memastikan operasi yang lancar.

Sangat Sederhana
Tempatkan cangkir sampel, masukkan titik yang diharapkan, lalu tekan mulai. Sekuens pre-heat dan pendinginan dijalankan secara otomatis, dan hasil titik cair dan awan dapat diperoleh dalam satu kali jalankan.

Mode Pencarian untuk Sampel Tidak Diketahui
Mode SPE baru akan menguji titik cair dengan tekanan yang berbeda sehingga optimisasi parameter dapat dilakukan dengan mudah.

Konektivitas dan Manajemen Data
Data dapat diekspor ke LIMS atau printer opsional melalui Ethernet.
Penyimpanan Data hingga 50 data dapat dijaga dengan password.

Ramah Lingkungan
Dibekali dengan pendingin bebas CFC yang menghasilkan suara yang rendah, getaran yang rendah, dan hemat energi. Suhu sampel hingga -80℃ dapat tercapai tanpa pendingin eksternal.

Spesifikasi Pour Point Tester Otomatis MPC-6

Compliant MethodsPP : ASTM D6749
CP : ASTM D7683
Reference MethodsPP : ASTM D97, ISO 3016, JIS K 2269
CP : ASTM D2500, ISO 3015, JIS K 2269
Measuring Range-90℃ to +45℃ or Expected pour point + 10℃ (at temperature of 25℃)
Bath Temp Range-100℃ to +45℃ (at room temperature of 25℃)
Measurement ModesPP/CP, PP, CP
PP Pressure : L, H, VH, UH, SPE, Custom
PP Intervals : 1.0℃, 2.5℃, 3.0℃, Custom
CP Intervals : 0.1℃, 1.0℃
Ukuran (W x D x H)160 x 600 x 620 mm
Berat30 kg
Konsumsi DayaAC 100 to 240 V 200 VA (max)  50 / 60Hz

Harga Pour Point Tester Otomatis MPC-6

Untuk informasi pembelian dan harga Pour Point Tester MPC-6 ini silakan hubungi kami atau isi form permintaan penawaran dibawah ini. Cek juga alat untuk aplikasi sejenis di kategori Pour Point Tester atau flash point tester.

Minta Penawaran Harga

Silakan isi form berikut untuk mendapatkan penawaran harga dan brosur alat terkait via email

Tentang Wahyu Adi wibowo

" Hidup hanya sekali, pergunakan sebaik baiknya untuk kebaikan, kejujuran itu mahal "