Rabu , 17 Juli 2024

Alat Uji Kekerasan Vickers MITECH MHVS-5Z

Alat uji kekerasan Vickers adalah alat uji kekerasan yang paling populer digunakan dalam industri untuk mengukur kekerasan dari berbagai jenis bahan. Alat ini memiliki beberapa keuntungan, seperti presisi dan akurasi yang tinggi, kemampuan untuk mengukur berbagai jenis bahan, dan dapat digunakan dalam berbagai aplikasi.

Apa itu Alat Uji Kekerasan Vickers?

Alat uji kekerasan Vickers adalah salah satu jenis alat uji kekerasan yang paling banyak digunakan dalam industri. Alat ini mengukur tingkat kekerasan bahan dengan menggunakan metode penekanan benda uji dengan menggunakan ujung berbentuk piramida berbentuk berlian. Alat uji kekerasan Vickers dapat mengukur kekerasan dari berbagai jenis bahan, termasuk logam, keramik, dan plastik.

Keuntungan Alat Uji Kekerasan Vickers

Ada beberapa keuntungan dalam menggunakan alat uji kekerasan Vickers, di antaranya:

  1. Presisi dan Akurasi yang Tinggi

Alat uji kekerasan Vickers memiliki presisi dan akurasi yang tinggi dalam pengukuran kekerasan bahan. Hal ini disebabkan oleh penggunaan ujung berbentuk piramida berbentuk berlian yang menghasilkan bentuk penekanan yang sama di setiap pengukuran.

  1. Dapat Mengukur Berbagai Jenis Bahan

Alat uji kekerasan Vickers dapat digunakan untuk mengukur kekerasan dari berbagai jenis bahan, termasuk logam, keramik, dan plastik. Hal ini menjadikannya alat yang sangat fleksibel dalam digunakan pada berbagai jenis produk.

  1. Mudah Digunakan

Alat uji kekerasan Vickers mudah digunakan dan tidak memerlukan keahlian khusus dalam pengoperasiannya. Hal ini menjadikannya alat yang sangat efisien dalam proses produksi.

  1. Menghasilkan Data yang Akurat

Alat uji kekerasan Vickers dapat menghasilkan data yang akurat tentang kekerasan bahan. Data ini sangat penting dalam memastikan kualitas dan keandalan bahan yang digunakan dalam produksi.

  1. Dapat Membantu Mengurangi Biaya Produksi

Dalam proses produksi, alat uji kekerasan Vickers dapat membantu mengurangi biaya produksi dengan memastikan bahwa bahan yang digunakan memiliki kualitas dan keandalan yang memadai. Hal ini dapat menghindarkan perusahaan dari kerugian akibat cacat produk atau kegagalan produk dalam penggunaan.

alat uji kekerasan vickers mitech mhvs-5z

Penggunaan Alat Uji Kekerasan Vickers dalam Industri

Alat uji kekerasan Vickers digunakan dalam berbagai industri, termasuk industri otomotif, aerospace, dan manufaktur. Dalam industri otomotif, alat uji kekerasan Vickers digunakan untuk mengukur kekerasan dari berbagai komponen mesin, seperti piston, klep, dan bearing. Dalam industri aerospace, alat uji kekerasan Vickers digunakan untuk memastikan kualitas dan keandalan material yang digunakan dalam pembuatan pesawat terbang. Dalam industri manufaktur, alat uji kekerasan Vickers digunakan untuk memastikan kualitas dan keandalan produk yang dihasilkan.

Alat uji kekerasan Vickers juga digunakan dalam proses penelitian dan pengembangan untuk menguji sifat-sifat material baru yang sedang dikembangkan. Dalam penelitian ini, alat uji kekerasan Vickers membantu para peneliti untuk mengukur kekerasan material dan memastikan bahwa sifat-sifat material tersebut memenuhi persyaratan yang diinginkan.

Bagaimana Alat Uji Kekerasan Vickers Bekerja?

Alat uji kekerasan Vickers bekerja dengan menggunakan ujung berbentuk piramida berbentuk berlian yang ditempatkan pada benda uji. Tekanan diterapkan pada benda uji sehingga terbentuklah penekanan pada permukaan benda uji. Setelah itu, ukuran penekanan diukur menggunakan mikroskop optik. Hasil pengukuran ini kemudian digunakan untuk menghitung nilai kekerasan dari benda uji.

Pengukuran kekerasan menggunakan alat uji kekerasan Vickers dilakukan dengan menggunakan skala Vickers. Skala Vickers ini adalah skala yang digunakan untuk mengukur kekerasan bahan dengan mengacu pada pengukuran area penekanan yang dihasilkan oleh ujung berbentuk piramida berbentuk berlian pada permukaan benda uji.

Penggunaan Alat Uji Kekerasan Vickers dalam Pengujian Kualitas Bahan

Alat uji kekerasan Vickers sering digunakan dalam pengujian kualitas bahan untuk memastikan keandalan dan kualitas bahan yang digunakan dalam produksi. Pengujian kualitas bahan ini dapat dilakukan dengan beberapa metode, seperti pengujian kekerasan, pengujian kekuatan tarik, dan pengujian ketangguhan.

Pengujian kekerasan menggunakan alat uji kekerasan Vickers adalah salah satu metode pengujian kualitas bahan yang paling sering digunakan. Pengujian kekerasan ini dilakukan untuk mengukur resistansi bahan terhadap penekanan atau goresan. Hasil pengujian kekerasan ini dapat digunakan untuk memastikan bahwa bahan yang digunakan dalam produksi memiliki kekerasan yang memenuhi persyaratan yang diinginkan.

Pengujian kekuatan tarik digunakan untuk mengukur daya tahan bahan terhadap tekanan atau tarikan. Pengujian ini penting dalam memastikan bahwa bahan yang digunakan dalam produksi memiliki kekuatan yang memadai untuk mengatasi tekanan atau tarikan yang diberikan.

Pengujian ketangguhan digunakan untuk mengukur daya tahan bahan terhadap retakan dan patah. Pengujian ini penting dalam memastikan bahwa bahan yang digunakan dalam produksi memiliki ketangguhan yang memadai untuk mengatasi retakan atau patah yang mungkin terjadi.

Fitur Alat Ukur Kekerasan Vickers Mitech MHVS-5Z :

Digunakan secara luas dalam spesimen mikro, spesimen tipis, pelapis permukaan, sampel permukaan perlakuan panas, dan lainnya. Tes kekerasan Vickers untuk memenuhi permintaan berbeda dari lembaga penelitian ilmiah, departemen pengukuran presisi, dan penelitian bahan lainnya;

Mengadopsi perangkat turret otomatis, dapat mengkonversi indenter dan eyepiece mikroskopik sendiri, efisiensi tinggi;

Dukung konversi satuan kekerasan Brinell, Vickers, dan lainnya.

Dilengkapi dengan berbagai skala kekerasan Vickers beban kecil cadangan;

Dilengkapi dengan printer termal berkecepatan tinggi, mencetak hasil tes secara real time;

Desain model baru, struktur yang kuat, indenter berlian digunakan, tahan aus yang kuat, keandalan tinggi, pembacaan intuisi, pengukuran akurat;

Stabilitas tuan rumah baik, kualitas permukaan benda kerja dan faktor buatan manusia terhadap hasil tes kekerasan kurang berdampak;

Menggunakan sistem beban otomatis elektronik untuk mengontrol gaya uji utama, menghilangkan kebutuhan untuk memuat bobot, operasi lebih nyaman;

Menggunakan layar kristal cairan LCD layar besar, mudah dioperasikan, dapat menampilkan hasil tes secara visual;

Menggunakan sistem sensor optik dengan pembesaran tinggi dan teknologi sensing fotoelektrik presisi tinggi, akurasi penempatan titik tes, hasil tes lebih akurat;

Sistem pengukuran sumber cahaya dingin yang dapat diatur, melalui perangkat lunak untuk mengontrol kekuatan sumber cahaya;

Perangkat fotografi opsional, dapat dicapai pada indentasi yang diukur dan struktur mikro material untuk diambil gambar untuk analisis di masa depan;

Memenuhi standar domestik dan asing terkait lainnya seperti ISO 6507, ASTM E92, JIS Z2244, GB / T4340.2.

Spesifikasi Alat Ukur Kekerasan Vickers Mitech MHVS-5Z :

Kekuatan tes.2.94N、4.9N、9.8N、19.6N、29.4N、49N
Rentang pengukuran.40HV0.3~2500HV5
Simbol kekerasan.HV0.3、HV0.5、HV1、HV2、HV3、HV5
Mode konversi head dan lensa objektif.Otomatis
Loading and unloading modeOtomatis
Pembesaran mikroskop pengukuran.200x(testing) 100x(observing)
Unit deteksi minimum.0.0625μm
Tinggi maksimum bahan yang dapat digunakan.160mm
Tes untuk mengamankan waktu pemuatan.0~60s
Jarak maksimum dari pusat head ke dinding mesin.135mm
Layar displayLayar besar LCD digital
Sumber dayaAC220V/50Hz
Dimensi luar540*220*650mm
Berat Alat40kg

Untuk informasi harga dan pembelian alat cek kekerasan vickers ini silakan langsung hubungi kami di no kontak yang ada di website ini, untuk alat sejenis lainya bisa dicek pada kategori Hardness Tester.

Minta Penawaran Harga

Silakan isi form berikut untuk mendapatkan penawaran harga dan brosur alat terkait via email

Tentang Wahyu Adi wibowo

" Hidup hanya sekali, pergunakan sebaik baiknya untuk kebaikan, kejujuran itu mahal "