Alat Pengukur Ketebalan Logam & Non Logam Through Coating MT180

Alat Pengukur Ketebalan Logam & Non Logam Through Coating MT180

Pengukur ketebalan logam ultrasonik multi-mode Miteh MT180, menggunakan prinsip kerja pengukuran ultrasonik, alat ini dapat melakukan pengukuran ketebalan pada berbagai bahan termasuk logam, plastik, gelas keramik, dan bahan konduktif ultrasonik yang baik lainnya. Ia juga mampu mengukur kecepatan suara objek dengan ketebalan yang diketahui.

Dibandingkan dengan metode pengukuran tradisional, keuntungan dari pengukur ketebalan ultrasonik adalah dapat menyelesaikan pengukuran hanya jika bersentuhan dengan salah satu sisi benda kerja yang diukur. Performa uniknya yang mampu menguji ketebalan melalui lapisan coating atau cat memberikan solusi yang efisien untuk menguji benda kerja dari permukaan yang dilapisi cat / coating atau bahan korosi.

alat pengukur ketebalan logam mt180

Dengan fitur through coating, alat pengukur ketebalan logam dan non logam ini dapat menguji benda kerja secara langsung tanpa harus menyingkirkan lapisan coating  atau cat pada permukaan benda yang akan diukur. Ini banyak digunakan untuk memantau berbagai pipa peralatan produksi dan tingkat pengurangan korosi pembuluh tekanan di bidang minyak bumi, kimia, metalurgi, pembuatan kapal, penerbangan, aerospace dan sebagainya.

Alat Thickness gauge ini juga dapat digunakan untuk membuat pengukuran yang akurat untuk berbagai pelat / plat kapal dan bagian permesinan. Alat pengukur ketebalan logam ini adalah instrumen presisi profesional yang diperlukan untuk meningkatkan efisiensi produksi dan tingkat kualifikasi serta menghemat biaya.

Fungsi & aplikasi

Alat pengukur ketebalan logam & non logam ini mampu melakukan pengukuran pada berbagai bahan, termasuk logam, plastik, keramik, komposit, epoxies, kaca dan bahan gelombang konduktif gelombang ultrasonik lainnya. Model transduser tersedia untuk aplikasi khusus, termasuk untuk bahan biji-bijian kasar dan aplikasi suhu tinggi.

Fitur Alat Pengukur Ketebalan Logam & Non Logam Through Coating MT180

  • Multi-mode: mode Pulse-Echo dan mode Echo-Echo.
  • Mampu melakukan pengukuran pada berbagai bahan, termasuk logam, plastik, keramik, komposit, epoxies, kaca dan bahan konduktif gelombang ultrasonik lainnya.
  • Model transduser tersedia untuk aplikasi khusus, termasuk untuk bahan butiran kasar dan aplikasi suhu tinggi.
  • Fungsi Probe-Zero, fungsi Kalibrasi Kecepatan Suara
  • Fungsi Kalibrasi Dua Titik.
  • Mode titik tunggal dan mode Pindai. Tujuh pengukuran bacaan per detik dalam mode titik tunggal, dan enam belas per detik dalam Mode Pindai.
  • Indikator status kopling menunjukkan status kopling.
  • Unit: Unit Metrik / Imperial dapat dipilih.
  • Informasi baterai menunjukkan kapasitas baterai yang tersisa.
  • Tidur otomatis dan fungsi mati otomatis untuk menghemat masa pakai baterai.
  • Perangkat lunak opsional untuk memproses data memori pada PC.

Pengukuran ketebalan pipa & tabung

Saat mengukur sepotong pipa untuk menentukan ketebalan dinding pipa, orientasi transduser penting. Jika diameter pipa lebih besar dari sekitar 4 inci, pengukuran harus dilakukan dengan orientasi transduser sehingga celah pada permukaan keausan tegak lurus (pada sudut yang benar) terhadap sumbu panjang pipa. Untuk diameter pipa yang lebih kecil, dua pengukuran harus dilakukan, satu dengan celah keausan tegak lurus, yang lain dengan celah sejajar dengan sumbu panjang pipa. Semakin kecil dari dua nilai yang ditampilkan maka harus diambil sebagai ketebalan pada titik itu.

Mengukur permukaan panas

Kecepatan suara melalui suatu zat tergantung pada suhunya. Saat bahan memanas, kecepatan suara melalui mereka menurun. Pada sebagian besar aplikasi dengan suhu permukaan kurang dari 100 ℃, tidak ada prosedur khusus yang harus diperhatikan. Pada suhu di atas titik ini, perubahan kecepatan suara material yang diukur mulai memiliki efek nyata pada pengukuran ultrasonik. Pada suhu tinggi seperti itu, direkomendasikan agar pengguna melakukan prosedur kalibrasi pada potongan sampel yang diketahui ketebalannya, yaitu pada atau dekat suhu bahan yang akan diukur. Ini akan memungkinkan pengukur untuk menghitung dengan benar kecepatan suara melalui material panas.

Saat melakukan pengukuran pada permukaan yang panas, mungkin juga perlu menggunakan transduser suhu tinggi yang dibuat khusus. Transduser ini dibuat menggunakan bahan yang bisa tahan terhadap suhu tinggi. Bahkan ini  direkomendasikan bahwa probe dibiarkan bersentuhan dengan permukaan sesingkat yang diperlukan untuk memperoleh pengukuran yang stabil. Sementara transduser bersentuhan dengan permukaan yang panas, transduser akan mulai memanas, dan melalui ekspansi termal dan efek lainnya, dapat mulai mempengaruhi keakuratan pengukuran.

Kesesuaian bahan

Pengukuran ketebalan ultrasonik bergantung pada melewatkan gelombang suara melalui material yang diukur. Tidak semua material bagus dalam mentransmisikan suara. Pengukuran ketebalan ultrasonik praktis dalam berbagai bahan termasuk logam, plastik, dan kaca. Bahan yang sulit termasuk beberapa bahan cor, beton, kayu, fiberglass, dan beberapa karet.

Couplant

Semua aplikasi ultrasonik membutuhkan beberapa media untuk memasangkan suara dari transduser ke bagian uji. Biasanya cairan dengan viskositas tinggi digunakan sebagai medianya. Suara yang digunakan dalam pengukuran ketebalan ultrasonik tidak bergerak melalui udara secara efisien.

Berbagai macam bahan penggandeng dapat digunakan dalam pengukuran ultrasonik. Propilen glikol cocok untuk sebagian besar aplikasi. Dalam aplikasi yang sulit di mana transfer energi suara maksimum diperlukan, gliserin direkomendasikan. Namun, pada beberapa logam, gliserin dapat meningkatkan korosi dengan cara penyerapan air dan karenanya mungkin tidak diinginkan. Kopling lain yang cocok untuk pengukuran pada suhu normal mungkin termasuk air, berbagai minyak dan gemuk, gel, dan cairan silikon. Pengukuran pada suhu yang tinggi akan membutuhkan penggandeng suhu tinggi yang diformulasikan secara khusus.

Yang melekat dalam pengukuran ketebalan ultrasonik adalah kemungkinan bahwa instrumen akan menggunakan gema kedua dan bukan pertama dari permukaan belakang material yang sedang diukur saat dalam mode gema-pulsa standar. Ini mungkin menghasilkan pembacaan ketebalan yang DUA KALI apa yang seharusnya. Tanggung jawab untuk penggunaan instrumen secara tepat dan pengakuan atas jenis-jenis fenomena ini semata-mata berada di tangan pengguna instrumen tersebut.

Spesifikasi Teknis Alat Pengukur Ketebalan Logam & Non Logam Through Coating MT180

Rentang Pengukuran0.65-600mm( P-E), 3-30mm (E-E)
Working Frequency(2.5-7)MHZ
Min. Diameter PipaΦ15mm×2.0mm
Resolusi0.1/0.01mm
Akurasi±(0.5%Thickness+0.01)mm
Display4.5 digits LCD with EL backlight
Kalibrasi ProbeZero Calibration, Two-Point Calibration
Velocity Range1000-9999m/s
UnitMetric/Imperial unit selectable
Memoryup to 20 files (up to 99 values for each file) of stored values
Communication PortUSB
Sumber DayaTwo “AA” size, 1.5 Volt alkaline batteries
Working Hours100h (EL backlight off).
Operating Temperature-20℃-+60℃
Relative Huminity≤90%
Dimensi Alat150mm×74mm×32 mm
Berat Kotor1.5 KG
Untuk informasi pembelian dan permintaan penawaran Alat Pengukur Ketebalan Logam & Non Logam Through Coating MT180 silakan hubungi Kami, untuk informasi produk sejenis yang lain bisa dilihat pada kategori Ultrasonic Thickness Gauge

Penilaian Produk Alat Ukur Ketebalan Through Coating MT180

Fitur dan kualitas

Recommended,fitur lengkap dengan harga yang ekonomis dikelasnya

User Rating: 4.91 ( 8 votes)

Minta Penawaran Harga

Silakan isi form berikut untuk mendapatkan penawaran harga dan brosur alat terkait via email

Tentang Wahyu Adi wibowo

" Hidup hanya sekali, pergunakan sebaik baiknya untuk kebaikan, kejujuran itu mahal "