Senin , 10 Agustus 2020

Alat Pengukur Kesegaran Ikan Torrymeter #1

Alat pengukur kesegaran ikan atau yang biasa disebut dengan Torrymeter adalah sebuah instrumen alat ukur digital yang digunakan untuk mengukur tingkat kesegaran ikan. Model terbaru dari alat test kesegaran ikan ini memiliki desain yang kompak, kuat dan sepenuhnya portabel. Alat ukur tingkat kesegaran ikan ini sangat cocok untuk aplikasi normal di pasar industri pengolahan ikan, pabrik pengolahan atau laboratorium kendali mutu.

Alat Pengukur Kesegaran Ikan Torrymeter

Alat uji kesegaran ikan ini memberikan pengukuran yang cepat dengan cara penggunaan yang mudah. Nilai tingkat kesegaran ikan hasil pengukuran ditunjukkan pada layar LCD dalam bentuk angka. Alat pengukur kesegaran ikan ini dapat diatur untuk mengukur dari 1 – 16 ikan. Dengan dukungan perangkat lunak berbasis menu torrymeter ini dapat menjumlahkan hasil pengukuran dari enam belas sampel ikan untuk kemudian menampilkan nilai rata-rata mereka. Dengan mode ini, alat ukur kesegaran ikan ini paling akurat.

Dengan menggunakan torrymeter ini, umumnya pengukuran dapat dilakukan tanpa mengganggu ikan dalam wadah mereka, jadi kita tidak perlu mengambil ikan dari wadah terlebih dahulu, tapi bisa dilakukan langsung ditempat. Pengukuran tingkat kesegaran ikan dengan menggunakan alat ini tidak akan merusak ataupun menandai sampel dengan cara apa pun karena alat ini bersifat nondestruktif.

Prinsip Kerja  Alat Pengukur Kesegaran Ikan Torrymeter

Penelitian asli yang mengarah pada pengembangan Alat Ukur Kesegaran Ikan dilakukan di Torry Research Station, di Aberdeen, Skotlandia.

Ditemukan bahwa sifat dielektrik tertentu dari kulit dan otot ikan berubah secara sistematis selama pembusukan, karena komponen jaringan menurun. Perubahan ini, terjadi pada tingkat mikroskopis, sangat terkait dengan perubahan besar dalam penampilan, bau, tekstur, dan rasa yang terjadi selama pembusukan dan yang biasanya digunakan untuk menilai kesegaran. Oleh karena itu, penentuan sifat dielektrik yang sesuai memberikan pengukuran kesegaran ikan.

Basis alat pengukur kesegaran ikan (kepala sensor) memiliki dua pasang elektroda yang tersusun secara konsentris. Kepala sensor ini ditempelkan langsung ke kulit ikan. Arus bolak-balik dilewatkan melalui ikan, antara pasangan terluar elektroda dan tegangan yang dihasilkan dirasakan oleh pasangan dalam. Sudut fase antara arus dan tegangan diukur dan dikonversi secara elektronik untuk memungkinkan tampilan digital pada skala yang nyaman dalam kisaran 0 – 18. Oleh karena sudut fase tersebut pembacaan alat pengukur kesegaran ikan berkurang dengan pembusukan. Arus yang melewati ikan adalah sekitar 1 miliamp sehingga tidak dapat membahayakan operator atau mempengaruhi ikan.

Antara elektroda pengukur ada dua elektroda tambahan. Elektroda ini, bersama dengan salah satu elektroda karbon, merasakan apakah ada kontak yang tepat dengan ikan. Perangkat penginderaan ikan mencegah pembacaan yang diambil dalam kondisi yang tidak sesuai mis. di udara, atau di es. Karena sudut fase tergantung pada suhu dan kesegaran, pembacaan yang ditampilkan oleh alat pengukur kesegaran ikan ini harus dikoreksi ke nilai yang akan ditampilkan pada suhu referensi 0 ° C.

Alat pengukur kesegaran ikan ini ditenagai dengan baterai isi ulang yang ter integrasi didalam alat ini. Baterai yang digunakan memiliki kapasitas yang cukup untuk memungkinkan penggunaan penuh sepanjang hari.

Alat Test Kesegaran Ikan Torrymeter

Prosedur Penggunaan Alat Pengukur Kesegaran Ikan Torrymeter

  1. Anda telah menetapkan jumlah sampel yang benar: Pilihan dari 1 hingga 16, dari menu Sampel.
  2. Anda telah memilih pengaturan kalibrasi yang benar pada meter untuk ikan yang dijadikan sampel.
  3. Jika kalibrasi yang benar untuk spesies ikan yang diukur tidak tersedia dalam meter Anda, periksa untuk memastikan bahwa Anda telah menyiapkan atau telah diberi Bagan Organoleptik yang cocok untuk spesies ikan ini.
  4. Pilih sampel ikan secara acak dari kelompok. Di mana Anda mengambil sampel ikan dari wadah yang bervariasi, sampel harus dikelompokkan berdasarkan ukuran (panjang / berat).
  5. Suhu ikan yang akan diukur harus antara 0 – 10°C, tanpa ada kristal es dalam sampel.
  6. Pastikan bahwa sensor ditempelkan dengan kuat pada kulit ikan, sehingga memastikan bahwa tidak ada kantong udara antara sensor dan sampel yang akan diukur. Tekan tombol BACA; Meter akan mengonfirmasi kontak dengan ikan, mengambil pengukuran, menampilkan dan menyimpan nilai.
  7. Untuk hasil terbaik … HARUS KONSISTEN. Selalu letakkan sensor pada bagian yang sama dari ikan, sehari-hari. Ini akan memastikan bahwa Anda mencapai hasil yang optimal dan sebanding. Adalah normal untuk mengalami variabilitas dalam bacaan individu ketika diambil di berbagai bagian ikan. (Harap dicatat bahwa bagian ikan yang berbeda akan rusak pada tingkat yang berbeda, tergantung pada tingkat aktivitas bakteriologis yang ada dalam ikan)
  8. SATU pembacaan harus diambil dari setiap ikan, di lokasi pengukuran yang direkomendasikan. Hasilnya akan disimpan dalam alat pengukur kesegaran ikan ini dan dapat diunduh nanti.
  9. Tempelkan sensor alat pengukur kesegaran ikan dengan kuat pada ikan sehingga terletak rata dengan permukaan dan sejajar dengan garis rusuk pada bagian ikan yang tebal dan berdaging. Posisi terbaik adalah di area bahu di sepertiga pertama ikan, di wilayah garis lateral. Hindari daerah rongga kepala dan perut (lihat ilustrasi).
  10. Jika ini adalah bacaan pertama setelah alat test kesegaran ikan ini berada di tempat yang hangat, tempelkan kepala probe terhadap ikan selama 10-20 detik, agar sensor menjadi dingin sebelum menekan tombol BACA.
    Perhatikan bacaannya, lalu tekan tombol RESET, dan lanjutkan ke kumpulan ikan berikutnya.
  11. Untuk mengukur masing-masing ikan, atur sampel = 3, tempatkan torrymeter di lokasi pengukuran yang disarankan, dan lakukan pengukuran tiga kali. Nilai individual + nilai rata-rata akan disimpan dalam memori untuk diunduh. Tekan tombol RESET sebelum melanjutkan ke ikan berikutnya.
  12. Hindari menekan tombol BACA saat meteran tidak bersentuhan dengan ikan. Jika ada lapisan lendir yang tebal pada kepala probe, ia dapat mengalirkan arus yang cukup untuk bertindak seolah-olah elektroda bersentuhan dengan ikan dan pengukuran akan dilakukan.
  13. Nonaktifkan setelah digunakan untuk menghemat daya baterai.

Spesifikasi Teknis Alat Pengukur Kesegaran Ikan Torrymeter

Suhu Operasional AlatMax – 25° to + 45°C
Rentang Suhu Ikan0° to 20°C (Diperbolehkan)
0° to 10°C (Dianjurkan untuk hasil terbaik)
Sumber DayaSelf contained rechargeable cells, Nickel Metal Hydride (NiMh)
Dimensi AlatPanjang Keseluruhan – 155 mm
Lebar Keseluruhan (max) – 80 mm
Tebal Keseluruhan (max) – 30 mm
Berat Alat400 gram
Material AlatTerbuat dari plastik ABS, tahan air hingga IP65 (BS 5490, 1977).
Material SensorPlastik asetal, Elektroda Karbon & Baja
Spesifikasi Charger
Tegangan Input100-240 VAC, 50/60 Hz
Tegangan Output12V DC
Arus Pengisian150-300 mA
Dimensi ChargerPanjang Keseluruhan : 90 mm
Lebar Keseluruhan : 45 mm
Tebal Keseluruhan : 60 mm incl fitted plug
Berat Charger200 gram
KoperTerbuat dari: Body aluminium, alat kelengkapan baja, busa plastazote

Standar Paket Alat Test Kesegaran Ikan Torrymeter

  • Unit pengukur kesegaran ikan Torrymeter
  • Catu daya / pengisi daya internasional
  • Kabel USB
  • CD (driver USB, manual dalam bentuk PDF, dan Perangkat Lunak Manajemen Data)
  • Panduan pengguna dicetak dan grafik organoleptik
  • Koper
Untuk informasi pembelian dan permintaan penawaran Alat pengukur kesegaran ikan ini bisa hubungi kami langsung atau dengan mengisi form permintaan penawaran dibawah. 
Lihat juga alat sejenis yang lain pada kategori Torrymeter

Minta Penawaran Harga

Silakan isi form berikut untuk mendapatkan penawaran harga dan brosur alat terkait via email

Tentang Wahyu Adi wibowo

" Hidup hanya sekali, pergunakan sebaik baiknya untuk kebaikan, kejujuran itu mahal "