Rabu , 28 Oktober 2020

Alat Pengukur Gas H2S, CO, LEL, O2 4 in One BX617

Alat Pengukur Gas Beracun 4 In One BX617

Alat pengukur gas adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengukur jumlah gas pada suatu area tempat atau lingkungan, baik itu gas beracun atau tidak, didalam ruangan atau indoor maupun diluar ruangan atau outdoor.

Alat ukur gas 4 in one BX617 ini merupakan salah satu alat dari alat pengukur gas beracun yang memiliki kegunaan untuk mendeteksi 4 macam gas yang ada di lingkungan pada umumnya yaitu gas CO,  O2 , H2S ( hidrogen sulfida ) dan juga pengukuran LEL ( Lower Explosive Limit ) .

Alat Pengukur Gas 4 In One BX617

Alat pendeteksi kandungan gas ini menjadi salah satu alat yang sangat penting jika dikaitkan dengan keselamatan ditempat kerja. Alat ini menjadi alat bantu utama dalam mendeteksi kandungan gas beracun yang ada di area kerja terutama gas H2S atau hidrogen sulfida.

Selain beracun dan dapat mengganggu kesehatan pada manusia, gas H2S ini dapat terbakar bahkan meledak jika konsentrasi LEL (Lower Explosive Limit ) 4.3% ( 43000 ppm ) sampai dengan UEL ( Upper Explosive Limite ) 46% ( 460000 ppm ) .

Gas H2S juga terdapat banyak di alam bebas secara alami terutama di daerah gunung berapi, area sumber belerang atau kawah, area minyak dan gas bumi, lokasi tempat pembuangan limbah hasil industri, area peternakan maupun pada tempat pembuangan sampah.

Aplikasi Pengukuran Gas

Alat pengukur gas ini sangat dibutuhkan dalam bidang industri migas, khususnya pada saat proses pengeboran di area kilang minyak pada saat proses sirkulasi lumpur dan pada saat gas keluar.

Alat detektor gas ini juga sangat dibutuhkan pada pekerjaan di ruang tertutup seperti pada aktifitas pembersihan tangki dan pada saat pengukuran tangki atau pada saat memasuki terowongan.

Dengan menggunakan alat ini, kita dapat mendeteksi keberadaan gas beracun dan mengetahui konsentrasi gas tersebut sehingga kita dapat mengantisipasi dari hal hal yang tidak diinginkan.

Dengan alat ukur gas ini juga kita dapat memantau kadar oksigen yang ada di area kerja sehingga keselamatan kerja dapat terjamin dengan baik.

Cara Kerja Gas Detector

Cara kerja gas detektor ini sama halnya dengan alat alat gas detektor lainya seperti alat pengukur gas metana AZ-7291. Gas detektor akan menghisap udara yang ada diarea sekitar alat tersebut.

Udara yang terserap tersebut akan masuk dan diolah oleh alat tersebut melalui sensor khusus yang kemudian dikonversi menjadi sinyal digital yang selanjutnya ditampilkan pada layar LCD dalam bentuk nilai atau angka.

Cara Penggunaan Gas Detector BX-617

Cara penggunaan gas detektor ini sangat mudah seperti juga dengan alat pengukur gas yang lainya. Kita tinggal menyalakan alat ini dan menjepitkanya di kantong baju atau bisa kita pegang langsung selama kita melakukan aktifitas kerja.

Untuk persiapan awal kita bisa melakukan pengecekan terlebih dahulu untuk memastikan bahwa alat siap digunakan. Persiapan awal yang wajib dilakukan adalah pengecekan baterai untuk memastikan baterai sudah terisi penuh sebelum digunakan.

Selain pengecekan baterai, ada baiknya juga kita melakukan pengecekan settingan yang dibutuhkan sebelum kita memulai aktifitas menggunakan alat pengukur gas ini.

Pengecekan settingan yang umum dilakukan adalah pengecekan settingan nilai ambang batas alarm untuk memastikan batas nilai gas pada setting alarm sudah sesuai dengan batas aman yang sudah ditentukan sesuai dengan peraturan keselamatan kerja.

Keunggulan Alat Ukur Gas 4 In One BX617

  • Gas detektor ini dapat mendeteksi oksigen yang mudah terbakar, karbon monoksida, hidrogen sulfida, dan konsentrasi LEL sekaligus dalam satu alat secara bersamaan dalam satu kali pengukuran
  • Menyediakan peringatan berupa cahaya, getaran, hum, dengan fungsi tiga alarm.
  • Memberikan Anda peringatan dengan sinyal alarm yang efektif dan tepat waktu, sehingga dapat mengantisipasi penggunanya dari bahaya.
  • Instrumen pengukur gas ini dapat digunakan untuk pertanian, petrokimia, tenaga listrik, api, gas, industri baja, pengolahan limbah dan bidang lainnya.
  • Nilai alarm yang disetel dapat disesuaikan
  • Menggunakan sumberdaya baterai rechageable sehingga tidak perlu repot ganti baterai dan hemat biaya.

Spesifikasi Teknis Alat Pengukur Gas Hidrogen Sulfida 4 In One BX617

Rentang pengukuran O20 ~ 30%
Resolusi pengukuran O20.1%
Rentang pengukuran LEL0 ~ 100%
Resolusi pengukuran LEL1%
Rentang pengukuran H2S0 ~ 500 PPM
Resolusi pengukuran H2S1 PPM
Rentang pengukuran CO0 ~ 9999 PPM
Resolusi pengukuran CO1 PPM
Temperatur kerja-10 ~ 50°C
Kelembaban lingkungan15% ~ 90% RH (tidak ada kondensasi)
Sumber daya3.7 V lithium battery
Dimensi alat136 x 68 x 34 mm
Berat alat250 g

Harga Alat Pengukur Gas Beracun H2S, CO, LEL, O2 BX617

Untuk informasi pembelian dan permintaan penawaran alat pengukur gas H2S BX617 ini bisa langsung menghubungi Kami atau dengan mengisi form permintaan penawaran dibawah.
Lihat juga produk sejenis yang lain di kategori Gas Detektor

Review BX617

Fitur
Operasional
Spesifikasi

Bagus

Alat pengukur gas 4 in one dengan harga yang ekonomis

User Rating: 5 ( 2 votes)

Minta Penawaran Harga

Silakan isi form berikut untuk mendapatkan penawaran harga dan brosur alat terkait via email

Tentang Wahyu Adi wibowo

" Hidup hanya sekali, pergunakan sebaik baiknya untuk kebaikan, kejujuran itu mahal "